Hampir setiap orang tau tentang penyakit asam urat. Yap, penyakit yang menyerang persendian tubuh, seperti jari tangan, jari kaki, siku, lutut, dan pergelangan tangan ini bisa menyerang setiap orang. Rasa sakit yang muncul pun bisa dibilang sangat luar biasa, bahkan bisa sampai membuat beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan dan peradangan, lho! Seram, kan?

Photo source: Prevention

Gejala yang paling sering muncul contohnya rasa mudah lelah dan badan terasa pegal dan linu, terutama di bagian pundak, bahu, pinggang, punggung, dan lutut. Nah, selain pakai obat khusus dari dokter, ternyata asam urat juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami dan sederhana seperti berikut ini lho!

1. Konsumsi Air Mineral 

Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam urat adalah dengan memperbanyak kandungan air mineral. Usahakan untuk mengonsumsi air mineral 2 hingga 3 liter setiap harinya untuk membantu kinerja ginjal dengan maksimal dalam menghasilkan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

2. Minum Larutan Baking Soda

Baking soda nggak hanya bisa digunakan untuk memasak, tapi juga bisa untuk melarutkan kristal asam urat dan meningkatkan kelarutannya. Caranya mudah, saat gejala asam urat muncul, campurkan 1/2 sendok teh baking soda ke dalam 200ml air untuk dikonsumsi 8 kali sehari, mulai dari sebelum tidur, saat bangun pagi, dan setiap 2 hingga 4 jam sekali antara waktu makan. Konsumsi terus sampai gejalanya hilang. Sebagai catatan, cara ini tidak boleh dilakukan oleh penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, hindari  juga makanan mengandung garam saat meminum larutan baking soda ini, ya!

3. Air Rebusan Daun Salam

Cara tradisional selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam urat yaitu dengan meminum air rebusan daun salam. Caranya dengan merebus 10 lembar daun salam dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas rebusan daun salam. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari sampai gejalanya menghilang.

4. Rebusan Pare

Selain daun salam, kamu juga bisa mengonsumsi air rebusan buah pare. Caranya adalah dengan merebus 1 buah pare yang sudah dibersihkan dan dibuang bijinya dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah sebanyak satu kali dalam sehari secara rutin sampai gejala asam urat menghilang.

5. Diet Rendah Purin

Mengingat kalau asam urat muncul karena ada proses pemecahan purin, sedangkan purin terkandung dalam makanan yang dikonsumsi, maka ada baiknya bagi penderita asam urat untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah berlemak, jeroan, unggas, makanan laut, dan juga alkohol. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti tuna dan salmon, susu rendah lemak, sereal, roti, pasta, sayur, dan buah-buahan, ya!

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon