Selain jalan-jalan dan mengeksplor alam, wisata kuliner pun sebaiknya jangan dilupakan saat berlibur ke tempat baru. Seperti Bangka Belitung contohnya. Banyak sekali tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di sana mulai dari pantai sampai ke situs bersejarah. Selain itu, kamu juga mesti mencoba kuliner khas Bangka Belitung yang cukup menggoyang lidah. Berikut daftarnya!

1. Susu Kedelai di Pangkalpinang

Photo source: Cauchy Murtopo – WordPress.com

Let’s act like local! Kalau kebetulan kamu sampai di Bangka Belitung saat menjelang malam, tempat pertama yang bisa kamu coba adalah alun-alun Pangkal Pinang. Di sini kamu akan banyak menemukan tenda dadakan yang menjual susu kedelai dan berbagai macam kue basah. Berbeda dengan susu kacang kedelai pada umumnya, susu kedelai khas Bangka ini dikenal dengan nama Tai Fu Sui dan ada rasa khas yang membedakan dengan susu kedelai biasanya. Rasa ini akan terasa kalau kamu menikmatinya saat masih panas.

2. Mie Ayam Bangka

Photo source: seputar travelling

Ke Bangka belum lengkap rasanya kalau belum cobain mie ayam Bangka. Kamu pasti sering kan melihat berbagai warung mie ayam yang bertuliskan “Mie Ayam Bangka” di Jakarta. Nah, kalau kamu berada langsung di tempat asalnya, pasti bakal ada kesempatan lebih untuk mencicipi kelezatannya yang otentik. Di Bangka kamu akan menikmati gurihnya daging ayam yang dicampur bumbu minyak wijen. Kedai mie ayam yang terkenal di sini adalah Bakmie Akau di Kampung Bintang atau Bakmie “Asu” yang lokasinya di dekat Plaza Ramayana. Tidak hanya daging ayam, bakmi di Bangka juga tersedia dengan topping daging babi, lho! Makanya, ada baiknya untuk bertanya dulu sebelum makan, sehingga nantinya kamu tidak akan menyesal setelah menghabiskan satu (atau mungkin lebih) mangkuk mie ayam Bangka. Jangan lupa juga tambahkan sambal tauco ya agar rasanya makin legit!

3. Sambal Rusip

Photo source: KSMTour.com

Hampir mirip dengan sambal roa, di Bangka ada sambal namanya Sambal Rusip yang juga bisa kamu coba. Bedanya adalah sambal rusip terbuat dari ikan bilis segar yang dimasukkan ke dalam botol dan diberi tambahan garam dan gula aren yang kemudian difermentasikan selama kurang lebih satu bulan. Barulah setelah itu sambal rusip siap disantap. Biasanya orang akan menikmati sambal rusip ini dengan tambahan cabai merah, bawang merah, serta nasi panas. Pernah coba?

4. Seafood Bangka Sungailiat

Photo source: Food Office by Shiva
Memang sih, kita bisa dengan mudah menemukan warung seafood di mana saja. Tapi rupanya ada yang berbeda dengan seafood yang ada di Bangka. Di Bangka, tepatnya di kawasan Sungailiat, di sinilah orang-orang menyebutnya sebagai surganya seafood enak. Salah satu tempat yang menyediakan sajian ini adalah Neo Raja Laut. Segala macam seafood mulai dari udang, ikan, cumi, sampai makanan laut lainnya ada di sini.
5. Otak-otak Khas Bangka
Photo source: Bangka Tour
Di Bangka, otak-otak menjadi salah satu camilan yang banyak diminati oleh masyarakat dan menjadi kuliner istimewa di Bangka. Makanan berbahan dasar ikan ini biasanya akan banyak ditemui saat sore hari di kawasan alun-alun Pangkal Pinang dan sangat pas dinikmati dengan segelas susu kedelai hangat. Selain di alun-alun, kamu juga bisa menemukannya di kawasan Belinyu yang dikenal sebagai kampungnya otak-otak khas Bangka. Jenis otak-otaknya sendiri pun beraneka ragam, mulai dari sate otak-otak goreng, otak-otak bakar yang terbuat dari ikan dan udang, bahkan sampai pempek pun ada. Semua camilan ini juga paling enak kalau dimakan langsung di tempat saat masih panas.

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon