Memang sih, selain niat yang namanya liburan pasti membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Inilah alasannya kamu harus pintar menabung dan merencanakan perjalanan dari jauh hari agar pengeluaran saat liburan nanti nggak akan membengkak. Nah, setelah selesai dengan urusan transportasi (baik darat, laut, maupun udara), inilah saatnya untuk putar otak dan atur keuangan agar tetap hemat di tujuan liburan kamu. Mau tau apa aja tips mengemat uang di destinasi liburan biar liburan tetap seru tanpa keluar banyak uang? Simak artikel berikut ini!

Photo source: Don’t Forget To Move

1. Manfaatkan smartphone

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, sadar nggak sadar smartphone yang kamu punya ternyata bisa bantu buat menghemat saat liburan, lho! Gimana caranya, ya? Seperti yang sudah kita tau, saat ini sudah sangat banyak aplikasi pencari diskon, travel guides, maps, kamus, dan aplikasi lainnya yang bisa diunduh dan berguna banget untuk kamu pakai selama liburan. Lumayan kan, kamu bisa makan hemat atau dapat potongan harga untuk masuk ke lokasi wisata berkat kupon atau voucher dari aplikasi tertentu.

2. Eat like local

Dibanding harus makan di hotel atau di restoran mewah saat liburan, ada baiknya kamu untuk mencoba berbagai makanan lokal atau street food yang ada di tujuan wisata kamu nanti yang pastinya dijual dengan harga lebih murah. Selain bisa menghemat uang, kamu juga bisa mengenal berbagai makanan khas daerah tertentu, kan?

3. Simpan uang kembalian

Kalau kebetulan kamu liburan ke luar negeri, penting banget nih untuk tetap menyimpan uang kembalian (seringkali koin) selama melakukan transaksi saat liburan. Uang kembalian inilah yang nantinya bisa kamu kumpulkan lagi dan bisa digunakan di lain waktu. Tips lain yang juga nggak kalah penting adalah usahakan untuk selalu membawa uang cash dan hindari memakai kartu kredit saat liburan ke luar negeri. Percaya deh, pengeluaran kamu pasti akan lebih terjaga.

4. Liburan sambil ‘kerja’

Nah, kalau kamu punya banyak waktu untuk liburan, gunakan kesempatan ini untuk mencari tambahan uang, apalagi kalau kamu punya keahlian seperti foto, bahasa, atau kemampuan lain yang bisa kamu manfaatkan selama liburan. Lumayan lho kalau kamu bisa liburan sambil bekerja sebagai fotografer untuk memfoto para turis, mengajar bahasa, atau hanya sekedar menjadi tour guide, kamu bisa mendapatkan uang lebih yang bisa kamu simpan atau dipakai untuk liburan.

5. Bawa makanan sendiri

Selain makan makanan lokal, ada juga alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran selam di tujuan liburan, yaitu dengan membawa makanan sendiri dari rumah. Yup, kita diperbolehkan kok untuk membawa makanan sendiri selama penerbangan, selama makanan tersebut bukanlah cairan seperti sup. Cobalah untuk membawa roti, cookies, mie instan, atau snack praktis lainnya dari rumah. Selain hemat, beberapa makanan ini juga bisa sedikit mengobati kerinduan kamu akan rumah selama liburan, kan?

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon