Kalian pasti tau kan kalau setiap tahunnya pasti ada festival layang-layang yang digelar di Bali? Yup, kali ini Sanur International Kite Festival kembali digelar dengan mengambil tema “Bhineka Tunggal Ika”. Acara yang merupakan program dari Sanur Village Festival (SVF) ini rencananya akan berlangsung mulai dari 3-6 Agustus 2017 mendatang bertepatan dengan datangnya angin muson dan perayaan masyarakat Sanur yang terkenal akan layang-layangnya.

Layangan yang akan diterbangkan nantinya, baik layangan tradisional maupun kontemporer dibuat menggunakan beragam bahan, dari bentuk baku sampai terbaru serta mengekplorasi isu-isu kekinian, baik dalam tradisi budaya sampai kehidupan yang sedang terjadi saat ini.

Salah satu hal menarik yang akan ada di festival nanti adalah penerjemahan tema Sanur Village Festival 2017 yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang akan diterbangkan ke angkasa raya dengan kakawin Sutasoma karangan Mpu Tantular sebagai dasar pijakan Bhinneka Tunggal Ika menjadi kerangka yang mewadahi festival yang dibandrol dalam Save Our Culture.

Tidak hanya peserta dari Indonesia, festival ini juga diikuti oleh peserta yang datang dari 26 negara yang akan berpartisipasi baik di angkasa maupun dalam ruang dialog. Selain itu, akan ada juga workshop, seminar, serta dialog peserta nasional maupun internasional yang masuk dalam rangkaian acara Sanur International Kite Festival.

Menurut Ketua Umum SVF, Ida Bagus Gde Sidharta Putra atau Gusde, hakikat Bhineka Tunggal Ika ini terlihat dari peserta yang datang dari suku dan budaya yang berbeda. Hal ini sekaligus membuktikan kalau layang-layang mampu berbicara secara universal.

Selanjutnya Gusde juga menambahkan kalau tida hanya masyarakat domestik maupun mancanegara yang dapat berpartisipasi dalam festival layang-layang, setiap hotel yang ada di Bali pun bisa memamerkan layang-layang yang dapat menjadi ikon baru dalam dunia pariwisata, lho! Seru, kan!

 

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon