Saya menulis ini sambil menyimak Meteora (2013) kembali, setelah entah sejak berapa tahun tidak lagi mendengarkan album kedua Linkin Park ini. Kematian sang vokalis Chester Bennington pada 20 Juli 2017 kemarin yang membuat saya memasukan LP dalam playlist.

Meski pengalaman pertama mendengarkan musik keras, dituntun oleh album LP tersebut. Hingga kemudian saya bisa terbiasa menyimak segala jenis musik keras lainnya, bahkan yang paling butut sekalipun. Namun lepas dari Meteora, saya tidak lagi intens menyimak mereka. Kecuali sesekali mendapatkan mereka dalam soundtrack Transformers dan reaksi saya justru biasa saja.

Saya merasa bukan satu-satunya orang yang sekarang kembali menyimak LP, setelah mendapat kabar duka tentang sang vokalis. Selain itu kematian Chester menjadi pemersatu antara pengemar LP yang kecewa dengan pendewasaan musik yang band idolannya lakukan dan penggemar yang konsisten mendukung tanpa peduli bagaimana band idola memainkan musiknya sekarang. Sepeninggalnya Chester tentu membuat LP tidak akan pernah sama lagi.

Tak sedikit juga yang merasa kehilanganya. Dan lalu, sepeninggalnya, beberapa bentuk penghormatan untuk Chester terjadi.

1. Lilin dari para pengidap depresi
Pengalaman hidup Chester Bennington cukup kelam, dirinya pernah menjadi korban pelecehan seksual ketika kecil, berada di tengah perceraian orang tua, hingga kemudian depresi dan berteman dengan obat-obatan dan alkohol sebagai pelariannya. Bahkan dalam salah satu wawancaranya, Chester pernah menganggap dirinya berasal dari neraka. Beberapa lagu di debut album Hybrid Theory (2000) menjadi muntahan kedepresian Chester.

Ketika dunia mengumumkan kematian Chester, beberapa penggemarnya berkumpul di Central Park sambil menyalakan lilin sebagai bentuk penghormatan terakhir. Ben dan Jenny selaku penggerak aksi mengatakan, Chester telah membantu mereka mengatasi depresi dan melalui masa yang sulit ketika mereka tumbuh. Mereka juga menganggap Chester sebagai sosok yang tidak pernah melakukan kesalahan.

2. Placebo Menaruh Hormat Pada Chester
Dalam postingan di Facebooknya, Placebo mengajak pembaca sekaligus penggemar LP dan Chester untuk berpikir terbuka dan tidak memberika stigma apapun terhadap penderita depresi. Selain itu mereka juga menggambarkan sosok Chester yang baik hati, lembut dan murah hati.

3. Linkin Park Membuat Website Penghormatan
Kawan-kawan Chester di LP membuat website khusus untuk mantan vokalisnya: http://chester.linkinpark.com/. Di mana para penggemar Chester yang masuk ke website tersebut bisa menulis pesan, video dan foto. Dalam website itu juga disediakan #RIPCHESTER sebagai wadah informasi untuk para penderita depresi.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut