Selain banyak tempat wisata dan spot belanja yang murah, Jogja juga punya banyak banget kuliner enak yang wajib kamu coba. Nah, kalau sudah ngomongin makanan khas Jogja, makanan pertama yang muncul di otak kamu sudah pasti adalah gudeg, kan? Memang benar sih, tapi tau nggak sih kamu ternyata selain gudeg masih banyak lagi makanan lain yang sudah menanti untuk dicoba. Mau tau apa aja? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Mangut Lele Mbah Marto

Photo source: https://food.detik.com

Kalau selama ini kita cuma tau lele hanya dijadikan pecel lele aja, beda lagi kalau kamu lagi di Jogja. Di sana, lele nggak hanya digoreng aja, tapi juga diolah menjadi mangut, seperti yang ada di rumah makan Mangut Lele Mbah Marto yang ada di di Jalan Parangtritis Km 6,5, tepatnya di belakang Institut Seni Indonesia. Cara mengolahnya pun bisa dibilang unik, karena masih diasap dengan kayu bakar, kemudian dicampur dengan santan dan cabai yang membuat masakan ini berwarna merah dan menggairahkan. Belum lagi dengan taburan petai di atasnya. Yummy!

Buat menemukan tempat ini memang butuh perjuangan, karena lokasinya yang masuk gang. Meskipun begitu, rumah makan mangut ini banyak banget penggemarnya, bahkan artis ibukota pun sering makan di sini, lho! Nah, kalau mau cobain, rumah makan ini buka mulai dari jam 11 siang sampai jam 4 sore. Satu porsinya sendiri dihargai mulai dari Rp 20.000 aja. Yuk, ke sana!

2. Tengkleng Gajah Jogja

Photo source: https://www.kabarkuliner.com

Eits, jangan salah sangka dulu ya. Tengkleng gajah di sini bukan dibuat dari daging gajah beneran, kok! Tengkleng gajahnya dibuat dari bahan dasar daging kambing. Dinamakan tengkleng gajah karena disajikannya dalam porsi besar. Di sini ada dua jenis tengkleng yang ditawarkan, yaitu tengkleng tongseng (kuah) dan goreng (kering) yang dijual seharga Rp 30.000 per porsinya.

Lokasinya sendiri ada di Jakal atau Jalan Kaliurang Km 9,3. Sama halnya dengan mangut tadi, untuk menemukan tengkleng gajah ini kamu juga harus sedikit berusaha karena letaknya yang ada di pedesaan. Menu lain yang juga ditawarkan di sini adalah gulai dan sate. Tertarik untuk mencoba?

3. Mie Ayam Tumini

Photo source: https://www.hipwee.com

Siapa yang suka sama mie ayam? Ini dia menu khas Jogja yang harus kamu coba saat berada di sana. Namanya Mie Ayam Tumini. Letaknya ada di Jalan Imogiri Timur No 187. Kuahnya yang kental dan pekat inilah yang membedakan mie ayam Tumini berbeda dengan mie ayam lainnya. Rasa kuahnya juga bisa dibilang sempurna, dengan perpaduan rasa manis dan gurihnya yang pas. Serunya, kamu bisa memilih porsi biasa ataupun jumbo yang satu porsinya dijual dengan harga dibawah Rp 15.000. Murah, kan? Tapi, ada syaratnya kalau kamu mau datang ke sini tanpa harus antre lama, yaitu kmu harus datang dari jam 10 pagi.

4. Belalang Goreng

Photo source: https://yogyakarta.panduanwisata.id

Mau makanan yang nggak biasa? Coba kamu pergi ke kawasan Gunungkidul deh. Di sana kamu akan menemukan camilan aneh yang banyak dijual masyarakat, yaitu belalang goreng. Yap, ini adalah belalang yang digoreng sampai kering, gurih, dan bisa dinikmati seluruh bagian tubuhnya. Harganya juga murah, karena dijual Rp 20.000 per bungkusnya. Tapi, mengingat kalau camilan ini adalah makanan tinggi protein, sebaiknya jangan dicicipi jika kamu punya alergi, ya! Alih-alih akan ketagihan, yang ada malah hanya rasa gatal yang akan kamu dapatkan.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Photo source: https://www.pegipegi.com

Suka makanan pedas? Coba kamu berkunjung ke warung Oseng Mercon Bu Narti yang ada di Jalan KH.Ahmad Dahlan, Ngampilan. Di sini kamu akan menikmati sajian oseng yang berisi kulit, lemak, kikil, dan tulang muda yang dimasak dengan bumbu super pedas yang bisa bikin lidah kamu meledak dan terbakar. Inilah alasannya kenapa dinamakan oseng mercon. Warung ini sendiri buka mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam. Tenang, untuk menikmati seporsi oseng mercon ini kamu cukup membayar Rp 20.000 aja, kok. Atau, kamu bisa lho membeli versi kemasannya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut