Berhubung sekarang sudah hari Jumat, yang artinya besok sudah weekend, kita bahas hal-hal yang ringan tapi tetap menarik, yuk? Kali ini bahasannya adalah seputar manfaat dari ciuman. Hmm…siapa di antara kamu yang suka banget untuk ciuman hayooo? Tapi sama pasangan yang sah lho, ya! Nah, sebagian di antara kamu pasti ada yang senyum-senyum sendiri saat baca judul artikel ini, deh.

Photo source: www.pexels.com

Jadi, konon selain bisa merangsang libido manusia, ciuman mesra juga ternyata punya rangsangan lain yang justru memiliki manfaat yang cukup baik buat kesehatan anggota tubuh lainnya, lho! Penasaran? Yuk, langsung simak aja beberapa manfaatnya berikut ini!

Bagus untuk kesehatan gigi                              

Menurut hasil penelitian, berciuman itu terbukti bisa meningkatkan produksi air liur dalam mulut, lho! Produksi air liur yang cukup inilah yang mampu menjaga kondisi mulut tetap sehat karena nggak ada lagi sisa makanan yang menempel di gigi dan gusi kamu. Nggak cuma itu, dengan berciuman juga ternyata bisa mengurangi plak di gigi, lagi-lagi karena bakteri yang menempel di gigi berhasil dibasmi oleh sang air liur. Tapi ingat, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesegaran mulutmu sebelum berciuman, ya!

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

‘Lho? Gimana bisa, ya?’ Jadi, selain baik untuk kesehatan gigi, berciuman juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Ada lebih dari 700 jenis bakteri di dalam mulut manusia, di mana kamu dan pasangan memiliki jenis bakteri yang berbeda. Nah, secara nggak langsung, saat kamu berciuman dengan pasangan, maka akan saling bertukar bakteri di dalam mulut. Proses inilah yang nantinya akan memicu sistem imun kamu untuk bekerja dan mencegah agar sang “bakteri baru” nggak akan menetap lama dan mengganggu sistem kerja organ tubuh lainnya.

Membantu mengurangi kecemasan

Berciuman juga terbukti mampu membantu mengurangi rasa cemas dalam diri seseorang. Kenapa? Karena saat berciuman, tubuh akan melepaskan hormon kortisol (hormon stres) dan meningkatkan hormon serotonin, yaitu hormon yang akan membantu menyeimbangkan perasaan atau mood seseorang. Ciuman juga punya manfaat yang sama dengan meditasi, yaitu sama-sama menghasilkan hormon oksitoksin atau hormon bahagia yang bisa membuat seseorang merasa lebih tenang dan nyaman.

Menurunkan tekanan darah

Selain bisa mengurangi rasa cemas, berciuman juga bisa menurunkan tekanan darah, lho! Hal ini terjadi karena bibir kita tersusun dari sel darah. Nah, dengan berciuman ternyata bisa membuat aliran darah semakin lancar sampai ke organ penting lainnya.

Membuat Kulit Wajah Lebih Bercahaya

Ternyata, aliran darah yang semakin lancar saat berciuman ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang berperan untuk menghambat penuaan. Hal ini terjadi karena saat berciuman nggak hanya area mulut aja yang bergerak, tapi juga seluruh otot wajah akan bekerja dan akhirnya akan mengencangkan kulit di sekitarnya.

Bantu membakar kalori

Percaya nggak kalau berciuman selama satu menit bisa membakar 26 kalori dalam tubuh sekaligus? Ini karena kita menggunakan 30 otot saat berciuman. Tapi ingat, bukan berarti karena berciuman bisa membakar kalori, kamu jadi sebebas mungkin tanpa kontrol untuk berciuman dengan orang di luar pasangan sahmu!

Bantu mengurangi alergi

Kamu sering gatal-gatal, hidung tersumbat, atau kulit kemerahan karena alergi? Coba deh kalau lagi kambuh begini, ajak pasangan kamu untuk berciuman selama 30 menit sambil dengerin lagu romantis. Konon sih cara ini bisa bantu kamu untuk meredakan alergi, karena proses ciuman ini akan mengembalikan antibodi pada siklus normal yang bisa mencegah sang alergi datang. Berani coba?

Nah, setelah baca beberapa manfaat ciuman di atas, kamu jadi punya alasan yang kuat buat cium pasangan sahmu, kan? Untuk kamu yang sudah memiliki pasangan sah, yuk share pengalaman kamu mengenai berciuman!

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon