Pada tahun 2016 lalu, Xiaomi mendeklarasi sebuah revolusi desain melalui Xiaomi Mi Mix yang dikenal sebagai handphone edgeless pertama di dunia. Mi Mix memang cukup populer, bahkan telah mengeluarkan seri keduanya yaitu Mi Mix 2. Sehingga tidak lama setelah itu, kita telah tiba di era yang indah tempat edgeless smartphone menjadi sebuah desain yang mulai mainstream.

Beberapa brand raksasa seperti Apple dan Google pun telah memasuki revolusi ini dengan dirilisnya Pixel 2 dan iPhone X. Samsung telah memulai pengenalan edgeless smartphone-nya dengan beberapa seri Galaxy S dengan produk terakhir Galaxy S8. Kebanyakan brand smartphone di dunia saat ini juga mulai memproduksi edgeless smartphone. Namun hal ini membuat harga smartphone semakin meroket sehingga para pecinta gadget dengan budget terbatas harus cermat memilih smartphone berdesain edgeless tanpa membuat kantong jebol.

Salah satu pilihan bisa jatuh pada Essential Phone PH-1 yang dibanderol di kisaran $500. Bahkan smartphone yang satu ini disebut sebagai pesaing ketat dari Samsung S8 dengan harga yang jauh lebih murah.

Essential bukanlah brand sembarangan. Brand ini lahir dari Andy Rubin, sosok yang bertanggung jawab atas kelahiran operating system Android. Setelah menyaksikan sang operating system diakuisisi oleh Google, Rubin mengalihkan fokusnya untuk mengembangkan smartphone dan kemudian melahirkan Essential.

Setelah melakukan banyak percobaan, PH-1 lahir dan membuat banyak orang seketika jatuh cinta. Fitur yang dihadirkan PH-1 cukup luar biasa walau tidak sempurna. Hebatnya lagi, PH-1 yang awalnya dilabeli dengan harga $700 kini telah menjadi $500. PH-1 memang terlihat cantik dari luar dan dalam.

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon