Saya percaya bahwa lingkungan dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang. Bahkan untuk urusan kesenian.

Jakarta sebagai kota besar yang super sibuk dengan berbagai pola kehidupan yang berjalan di atas. Terkadang menyimpan potensi penduduk yang jengah, bahkan hingga titik depresif. Sayangnya, daya magnet kota ini sungguh kuat. Sehingga tidak banyak orang yang berani hengkang. Lebih memilih mengutuk diri, sambil pelan-pelan menikmati ritmenya yang tak pasti hidup di Jakarta.

Beruntungnya masih ada orang yang mencoba menyiasati Jakarta dan mencuri sekeping inspirasi darinya untuk mendirikan band. Salah satunya, mungkin saja Hahawall -kuartet indie rock asal Selatan Jakarta.

Mereka baru saja merilis single terbaru “Today (Fade Away)”. Selama durasi 5 menit 23 detik. Mereka menyajikan Jakarta dalam bentuk audio. Kebisingan yang intens, tempo yang lunglai, permainan yang kasar, drum yang konstan, ditambah dengan lirik yang sarat alienasi namun juga mendamba kebebasan diri, terutama dari dikte.

Langkah termudah untuk memahami musik Hahawall adalah dengan menyertakan beberapa nama band seperti Medicine, Unsean, Pavement, Band Of Susans lalu menuding mereka sebagai pemberi pengaruh. Terlalu mudah memang, juga licik. Lupakan band-band tersebut. Simak langsung Hahawall dan tafsirkan sendiri musiknya.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon