10 Alternatif Libur Lebaran Buat Kamu Yang Gak Mudik

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/06/02 16:07

10alternatif liburan buat yang gak mudik

Tradisi utama saat Lebaran di Indonesia yakni mudik. Tapi, bukan berarti semua orang mudik ke kampung halaman. Banyak juga yang memilih stay di kota karena berbagai alasan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama libur panjang Lebaran. Dijamin liburanmu jadi makin asyik dengan bujet yang murah meriah.

1. Pergi ke mall
Saat Lebaran atau H+1 Lebaran, biasanya kota-kota besar seperti Jakarta, mallnya akan sepi. Kesempatan seperti ini bisa kamu gunakan untuk mengunjunginya. Kamu bisa menikmati cuci mata di mal tanpa berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

2. Maraton film di bioskop
Selama Lebaran, sebagian besar orang akan sibuk pergi ke rumah sanak saudara atau ke tempat wisata. Hal ini menyebabkan bioskop menjadi lebih sepi dari biasanya.
Nah, kamu bisa menonton film tanpa takut harus mengantre panjang. Suasananya pun jadi lebih nyaman. Cocok buat yang mau maraton film.

3. Pergi ke toko buku dan menikmati cerita-ceritanya
Tidak jauh berbeda dengan tempat lainnya, toko buku juga akan lebih sepi dari biasanya. Kamu bisa menelusuri rak-rak toko buku dengan bebas. Membuka lembaran-lembaran prelude dan sinopsisnya akan memunculkan minat bacamu lagi. Libur jadi lebih berfaedah, deh.

4. Nongkrong ke kafe dan nulis blog
Di kafe, kamu bisa menulis blog atau sekadar ngobrol bareng teman-teman yang gak mudik. Kalau bisa menikmati kopi enak di tempat yang nyaman, kenapa harus memilih bermacet ria bareng yang lain?

5. Mendaki gunung bisa jadi opsi lainnya
Buat kamu pecinta alam, bisa juga melipir sejenak dengan mendaki gunung. Karena tidak terlalu ramai, kamu bisa menikmati suasana lebih nyaman dan tenteram. Sebelum berangkat, sebaiknya mencari info sebanyak-banyaknya tentang jalur pendakian mana aja yang masih dibuka.

6. Pergi ke kebun binatang sambil hunting foto
Sebagian besar museum akan tutup saat Lebaran, jadi kamu bisa mengunjungi kebun binatang setempat sebagai alternatifnya. Sambil nostalgia masa kecil, kamu bisa piknik murah meriah dan mengenal berbagai satwa unik. Dijamin menyenangkan, deh!

7. Berburu sunset di berbagai rooftop gedung
Semua gedung pencakar langit di kota-kota besar biasanya punya rooftop dengan pemandangan menarik. Sebelum menuju ke rooftop, kamu harus izin dulu ke satpam atau pihak berwenang setempat. Kamu bisa memotret pemandangan langit yang indah, nantinya Instagram-mu jadi makin aesthetic! Tambahkan juga caption yang menarik, biar likes-mu makin banyak!

8. Mencicipi aneka kuliner di Kampung Pecinan
Indonesia punya banyak Kampung Pecinan, seperti di Semarang, Bandung, Medan, Surabaya, Jakarta, Solo, dan lain-lain. Kamu bisa mengunjungi Kampung Pecinan sembari menikmati suasana khas Tionghoa yang mungkin selama ini kamu abaikan. 

9. Taman kota bisa jadi pilihan buat meneduh di bawah pepohonan rindang
Berbagai kota di Indonesia punya taman-taman yang asri dan rindang. Tidak ada salahnya pergi ke taman kota saat libur Lebaran. Selain suasananya yang sepi, kamu juga bisa cuci mata menikmati keindahan taman. Di taman, kamu bisa berfoto ria atau sekadar duduk-duduk sambil membaca buku. 

10. Naik commuter line (KRL) buat keliling Jakarta
Untuk yang berdomisili Jakarta dan sekitarnya, kamu juga menikmati fasilitas KRL atau MRT buat keliling kota. Saat sepi seperti ini, kamu akan terasa seperti naik kereta dalam kota di luar negeri.

Sepuluh alternatif di atas bisa kamu lakukan selama libur Lebaran kalau gak mudik ke kampung halaman.

Source: IDN

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

adidas Originals dan Pharrell Williams kolaborasi SOLARHU Co...

adidas Originals dan Pharrell Williams melanjutkan kolaborasi seri Hu untuk Fall / Winter 2018.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

M Bloc Space Tutup Sementara, Cegah Wabah Virus Corona Melua...

M Bloc Space Jakarta baru-baru ini mengumumkan penutupan lokasinya untuk sementara waktu.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Samsung Akan Rilis Galaxy S20 Pada Bulan Februari 2020

Samsung akhirnya mengumumkan acara Galaxy Unpacked yang diadakan setiap tahun untuk merilis produk-p...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…