Final Piala Dunia 2018
Lifestyle Sports
Final Piala Dunia 2018: Prancis vs Kroasia, dan Piala yang Belum Pulang Ke Rumah

By Reza Reinaldo

Published on: 2018/07/12 10:15

Tidak ada lagi It's Coming Home.
Final Piala Dunia 2018

Sumber gambar: FIFA

 

Beberapa minggu terakhir teori-teori yang menyatakan bahwa Inggris akan menjuarai piala dunia 2018 tersebar di media sosial. Seperti keberadaan Pep Guardiola yang digadang-gadang kalau kehadirannya membawa keberuntungan bagi negara yang salah satu clubnya dia latih. Tahun 2010 Pep melatih Barcelona, dan Spanyol juara Piala Dunia, tahun 2014 Pep melatih Munchen, dan Jerman juara Piala Dunia, tahun 2018 Pep melatih Manchester City, dan Inggris mendapat satu tempat untuk memperebutkan juara ketiga.

 

Kini It’s Coming Home menjadi guyonan. Inggris, meskipun masih memiliki kesempatan untuk menjadi juara ketiga dalam turnamen terbesar sepak bola ini, tetap saja diolok-olok karena petualangannya untuk membawa pulang piala dunia kelar sudah.

 

Tergabung dalam grup yang notabenenya tidak difavoritkan menjadi juara, dan mendapat bagan bagian bawah, Inggris diprediksi akan masuk ke dalam final. Bahkan, dalam waktu 5 menit pertandingan semi final menghadapi Kroasia, pendukung Inggris semakin nyaring mengucapkan It’s Coming Home berkat gol cepat Trippier lewat tendangan bebas.

Final Piala Dunia 2018

Sumber gambar: FIFA

 

Kroasia yang sejak fase grup tampil lebih luwes dan mencoba menikmati pertandingan demi pertandingan sukses mencapai final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ambisi untuk menyempurnakan sejarah ini pun kini membakar seluruh semangat pemain Kroasia.

 

Pada partai semi final menghadapi Inggris, Kroasia masih tampil seperti biasanya, memanfaatkan taburan bintang pemain tengah untuk menyalurkan bola ke dalam kotak pinalti. Inggris sukses mencuri gol cepat terlebih dahulu ketika Delle Ali dijatuhkan Luka Modric di luar kotak pinalti. Trippier membuat tendangan bebas yang indah dan membuat skor 1-0 sampai babak pertama berakhir.

 

Strategi Inggris di babak kedua mulai dikacaukan, mereka tampak kehilangan kepercayaan diri setelah Kroasia menekan berkali-kali lewat umpan Rebic dan Perisic. Tidak ada saluran bola yang efektif dari para pemain tengah ke Delle Ali atau Harry Kane.

 

Berniat untuk bertahan, Inggris dipaksa menyerah setelah Perisic menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 68. Setelah gol ini, Kroasia mendominasi pertandingan dan memaksa kedua tim untuk menjalani Extra Time 2 kali 15 menit.

Final Piala Dunia 2018

Sumber gambar: FIFA

 

Kroasia yang langganan mencetak gol pada babak kedua, benar-benar melakukan itu dalam babak kedua extra time. Kali ini umpan sundulan dari Perisic dimanfaatkan oleh Mandzukic pada menit 109. Inggris yang hanya memiliki waktu kurang lebih 15 menit untuk membalas gol tersebut tidak berkutik dan sejarah pun tercipta di Luzhniki bagi Kroasia.

 

Dengan hasil ini Kroasia yang untuk pertama kalinya akan mencicipi atmosfer final Piala Dunia menghadapi Prancis yang menjadi favorit. Sebelum ke partai itu, kita akan disuguhkan rematch Inggris vs Belgia yang pernah tersaji saat fase grup untuk meraih posisi ketiga.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Vivo Luncurkan V9 Cool Blue Limited Edition

Tersedia dalam jumlah terbatas, seri terbaru vivo V9 Cool Blue Limited Edition, sudah bisa dipesan s...

By: Kevin

Baca selengkapnya

Microsoft akan membuat Movie & TV apps untuk iOS dan Android

Microsoft akan bekerja di aplikasi Film & TV untuk iOS dan Android.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Inikah Akhir Dari Connor McGregor?

Karier Conor McGregor diprediksi habis setelah aksi brutalnya beberapa saat lalu.

By: Kevin

Baca selengkapnya
Loading…