Lifestyle Sports
Garuda Select Memberangkatkan 24 Pesepak Bola U-16 ke Inggris

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/01/15 16:05

Foto5
Program Garuda Select rencananya akan menjadi program tetap PSSI bersama SuperSoccer TV selama 10 tahun. 

PSSI bekerjasama dengan SuperSoccer TV akan memberangkatkan 24 pesepakbola Indonesia usia di bawah 16 tahun (U16) ke Inggris pada 15 Januari 2019 mendatang. Para pemain ini merupakan hasil seleksi dari program Elite Pro Academy yang telah berlangsung sejak akhir tahun 2018 lalu.

Program Garuda Select ini memberikan peluang bagi anak-anak muda berbakat Indonesia mendapatkan beasiswa untuk melatih sepak bola di Eropa, dimana peserta yang terseleksi akan medapatkan bimbingan pelaith-pelatih professional.

DSC01090

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menyatakan, program kerja sama ini menjadi salah satu upaya Federasi untuk mengembangkan sepak bola Indonesia. Lewat program ini, para pemain muda mendapatkan kesempatan mendapat pengalaman dan belajar dari sepak bola Eropa.

Dalam program perdana Garuda Select ini, para pemain yang terseleksi akan berlatih di Inggris dengan bimbingan pelatih-pelatih profesional di bawah paduan Direktur Teknis, Dennis Wise serta dibantu Des Walker sebagai pelatih kepala. Selain itu, mereka juga berkesempatan mendalami ilmu ilmu Sport Science dan kepelatihan dasar sepak bola profesional di bawah naungan Federasi Sepak bola Inggris (FA). Mereka juga akan berlaga dengan berkompetisi melawan klub profesional di Inggris yang setara setiap minggunya.

DSC01113

Dennis Wise, Direktur Teknis Program Garuda Select menjelaskan bahwa dalam masa berjalan tahap pertama yang berakhirnya pada Mei 2019 ini, mereka akan dievaluasi oleh tim Pembimbing dan tim Pembina. Para peserta juga wajib mengikuti program latihan setiap hari dan akan berkompetisi di akhir pekan melawan klub profesional Inggris alin yang setara lainnya.

“Program ini memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi anak-anak muda berbakat di Indonesia berumbuh-kembang menjadi lebih dari sekadar pemain sepak bola. Dalam hal ini, anak-anak juga dituntut untuk menumbuhkan jiwa profesional sebagai pemain sepak bola profesional yang siap menghadapi tantangan dan persaingan di level dunia, “ungkap Dennis Wise.

Foto4
Peserta yang mendapatkan beasiswa ke Inggris dari Garuda Select Program akan dilatih langsung oleh Des Walker, selaku Kepala Pelatih

Berikut daftar 24 Atlet Indonesia U-16 Terseleksi di Program Garuda Select:

 

No

Nama

Klub Asal

 Pengalaman

 

GOALKEEPER

 

 

1

Ahludz Dzikri Fikri

Persib

Timnas U16

2

Risky Muhammad Sudirman

Persija

Timnas U16

3

Ernando Ari Sutaryadi

Persebaya

Timnas U16

 

DEFENDER

 

 

4

Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi

Barito Putera

Timnas U16

5

Kartika Vedhayanto Putra

PPLP Jateng

Timnas U16

6

Liba Valentino

Perseru

Timnas U16

7

Mochamad Yudha Febrian

Barito Putera

Timnas U16

8

Muhammad Reza Fauzan

-

Timnas U16

9

Komang Taguh Trisnanda

Diklat Ragunan

Timnas U16

10

Fadilah Nur Rahman

Diklat Ragunan

Timnas U16

11

Vito Rendy Candra

Persebaya

-

12

Muhammad Salman Alfarid

Diklat Ragunan

Timnas U16

 

MIDFIELDER

 

 

13

Brylian Negiehta Dwiki Aldama

Persebaya

Timnas U16

14

David Maulana

Barito Putera

Timnas U16

15

Sandi Arta Samosir

PSMS Medan

-

16

Alif Jaelani

Barito Putera

-

17

Andre Oktaviansyah

PS Tira

Timnas U16

18

Braif Fatari

-

-

19

Mochammad Supriadi

Diklat Ragunan

Timnas U16

20

Yadi Mulyadi

Persib

Timnas U16

21

Muhammad Fajar Fathur Rachman

Persib

Timnas U16

 

FORWARD

 

 

22

Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri

Barito Putera

Timnas U16

23

Sultan Diego Armandoondriano Zico

Persija

Timnas U16

24

Amanar Abdillah

Persib

Timnas U16

Keterangan:
Penyusunan posisi masih bisa berubah berdasarkan hasil evaluasi Tim Pembimbing dan Tim Pembina pada pelatih dasar sepak bola profesional dalam masa program berjalan.

Kerja sama antara PSSI dan SuperSoccer TV dalam menjalankan program Gardua Select ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis SuperSoccer TV sebagai sebuah jaringan televisi streaming penyedia konten sepak bola. Melalui program yang menyeluruh, ada banyak berbagai kemungkinan terbukanya peluang, mulai dari sisi konten sepak bola yang menarik hingga program merchandising dan branding lainnya.

Foto2
Business Development Director SuperSoccer TV, Mirwan Suwarso memaparkan bentuk kerjasama SuperSoccer TV dengan PSSI dalam program Garuda Select

Mirwan Suwarso selaku SuperSocer TV Business Development Director mengatakan, “SuperSoccer TV tertarik bekerja sama dengan PSSI dan membentuk sebuah program komersil jangka panjng saling menguntungkan. Program Elite Pro Gardua Select ini bukan sekedar bentuk kerja sama sponsorship atau donasi, namun lebih sebagai peluang bisnis yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan yang terus berkembangbagi kedua pihak. Dengan program yang menyeluruh, kami bisa mendapatkan berbagai konten yang mencakup penayangnan pertandinganm program liputan kegiatan mingguan, program lipuatan all access harian hingga program merchandising dan branding lainya,” tutup Mirwan.

Semoga adanya program Garuda Select membuat harapan anak bangsa dan persepak bola di Indonesia bisa bersaing di kelas eropa.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

adidas dan Manchester United Luncurkan Home Kit Terbaru untu...

adidas Football hari ini merilis home kit Manchester United untuk musim 2018/19.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Speed Up with Nike Zoom Series 2019

This year, Nike Zoom Family presents their latest release designed to meet the needs of every runner...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

Vivo V9 Akan Diluncurkan di Candi Borobudur

Vivo Smartphone mengkonfirmasi bahwa peluncuran vivo V9 akan dilakukan pada hari Kamis, tanggal 29 M...

By: Kevin

Baca selengkapnya
Loading…