Industri Musik di Kala Social Distancing

By Gilang Ramadhan

Published on: 2022/03/31 18:20

Selama wabah covid-19 belum berhenti, satu-satunya bisnis yang akan tetap berjalan bahkan tumbuh pesat adalah bisnis digital. Semua lini bisnis tiba-tiba berubah menjadi digital, mereka mengejar angka penonton dari kebosanan orang mengisolasi diri di rumah. Maka banyak DJ yang melakukan Live stream dari rumah mereka, bahkan ada promotor besar yang mengelar 42 jam rave party dengan line-up yang gila.

Lalu, apa saja yang terjadi pada Industri musik selama masa Covid-19 berlangsung?

 


Naiknya Angka Pendengar Radio.
Aneh memang, di zaman mengakses musik sudah mudah karena ada platform streaming musik malah pendengar radio naik. BBC mengaku selama pandemik Covid-19 angka pendengar mereka naik hingga 18%, sementara itu Global, grup yang menaungi Capital FM dan stasiun bicara LBC, mengatakan mendengarkan radio online telah meningkat sebesar 15%. Menurut juru bicara global kepada BBC “Angka-angka ini menunjukkan bahwa publik beralih ke radio di saat krisis.”
Biar karantina kamu semakin asik makanya denger Virgin Radio Jakarta yang selalu memutarkan lagu hits dari untuk generasi muda dan membuat kamu pastinya up to date. Untuk kamu yang suka dengan lagu dari 80an, 90an 2000an dan ada juga kok lagu-lagu sekarang kamu dengerin 99.5 Smooth FM.


Streaming Musik Menurun.
Siapa yang mengira hal ini akan terjadi? dengan anjuran social distancing  seharusnya angka streaming naik pesat karena orang-orang akan dirumah dan mendengarkan musik kesukan mereka setiap waktu. Tapi kenyatannya terbalik, streaming musik menurun hingga 8%.


Sejauh ini Musisi Inggris Rugi 13.9 juta Pound.
Dengan adanya anjuran untuk isolasi diri dan phsycal distancing, para musisi tidak mungkin mengelar konser. padahal pendapatan seorang musisi adalah dari pertunjukan mereka. Menurut survey musician union yang diikuti oleh 4.000 lebih musisi, mengaku pendapatan mereka sudah terpengaruh oleh wabah Covid-19.


Musisi Mendapat $4,3 Juta Dari Bandcamp Hari Jumat Lalu.
Selama pandemi ini berlangsung sudah dipastikan konser-konser tidak akan ada. Satu-satunya hal yang bisa menjadi pemasukan adalah penjualan merchandise atau digital album. Pada Jumat kemarin untuk 24 jam saja Bandcamp menghapus komisi yang mereka ambil, maka pendapat utuh langsung diterima para musisi.

Source: frekuensiantara

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Dengarkan Dua Single Terbaru Dari Jack White

Belum ada jadwal rilis untuk album terbaru ini, namun para penggemar musik tahu bahwa 2018 telah ter...

By: Haetam Attamimy

Baca selengkapnya

Daftar Film November 2018

Film yang akan tayang pada bulan November 2018 sangat menarik dari Horor, Fantasi, dan lokal. Check ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

PES 2019 Resmi Dirilis dengan Tampilkan Edisi Khusus

Pro Evolution Soccer 2019, akhirnya secara resmi dirilis pada 28 Agustus 2018 Konami telah mengumumk...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…