Review: Wrong Creatures by Black Rebel Motorcycle Club

By Haetam Attamimy

Published on: 2018/01/23 16:37

Bagi para penggemar trio asal San Francisco ini, memilih lagu terbaik dari seluruh kategori album mereka untuk dikumpulkan dalam sebuah kompilasi ‘the best of’ atau ‘greatest hits’ adalah hal yang mustahil. Kehadiran Wrong Creatures membuat hal ini semakin tidak mungkin.

Setelah menjalani tur yang melelahkan selama beberapa tahun setelah dirilisnya Specter of the Feast pada 2013, ditambah dengan intervensi gangguan kesehatan yang diakhiri dengan operasi otak yang dialami drummer Leah Shapiro, Black Rebel Motorcycle Club (BRMC) merilis teaser untuk menyambut kehadiran album terbaru mereka sejenak sebelum 2017 berakhir. Single pertama yang dirilis adalah “Little Thing Gone Wild”, sebuah deru kencang rock n roll yang cukup tepat untuk mengawali kembalinya Robert Been, Peter Hayes, dan Leah Shapiro ke kursi tahta psychedelic rock n’ roll yang telah mereka pegang sejak kehadiran self-titled debut yang dirilis pada 2001.

Kembali menjalankan rutin sebelum merilis album baru seperti yang dilakukan sebelumnya, BRMC melepas beberapa single lain dalam waktu hampir satu bulan. Setelah “Little Thing Gone Wild” yang bahkan masih terngiang kencang di telinga hingga detik ini, “Haunt” datang untuk menghangatkan suasana dengan kegelisahan mendalam namun diakhiri dengan kesimpulan yang segar; ‘Light another melody//And drown into the sound’. Track selanjutnya yang dilepas adalah “Question of Faith” yang tidak terasa ganjil jika masuk dalam katalog Beat the Devil’s Tattoo. Segala ciri khas Peter Hayes ada dalam “Question of Faith”, minus harmonika yang juga lekat dengan style Hayes.

Beberapa track favorit dalam Wrong Creatures yang patut disimak adalah “Ninth Configuration”, sebuah track positif yang membuat pendengarnya akan berpikir tentang kebebasan yang mutlak. “Circus Bazooko” adalah eksperimen yang menarik karena menggunakan metafora sirkus dari beberapa sisi, termasuk secara instrumental dan lirik; ‘I'm still alone I'm//Still alone, still//Still alone as a clown’. Dan tentu saja “Spook”, sebuah nomor yang kokoh dengan elemen psychedelic rock n’ roll khas BRMC yang mampu berperan baik sebagai pembuka Wrong Creatures setelah intro bergetar berjudul “DFF”.

Kembalinya BRMC adalah pertanda baik bagi tahun 2018 yang banyak diawali dengan rilisan-rilisan bagus, termasuk Wrong Creatures. Campur tangan Nick Launay yang dikenal dengan kolaborasinya bersama Arcade Fire dan Nick Cave and the Bad Seeds dalam Wrong Creatures membuat album ini, paling tidak hingga saat ini, bersih dari review negatif.

★★★★☆
Wrong Creatures
Black Rebel Motorcycle Club
Vagrant Records
January 12, 2018

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

LaLaLa Festival Dijamin Berlangsung Meriah

Wafia, selain tidak sabar tampil di festival tersebut, juga sangat ini mencoba makanan lokal selama ...

By: Haetam Attamimy

Baca selengkapnya

Rand Slam: Bintang Kejora Hip-Hop di Tanah Jawa

Rand Slam merasa bahagia ketika debut album Rimajinasi miliknya rilis. Lebih dari itu mampu menjangk...

By: Alfian Putra A.

Baca selengkapnya

Depresi Artistik Ciptaan Black Mirror

The future is a manufactured coziness that lacks human touch.

By: Haetam Attamimy

Baca selengkapnya
Loading…