Lifestyle Travel
Tips Berburu Tiket Mudik Lebaran 2019!

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/05/24 20:04

 

Kereta api menjadi moda transportasi utama para pemudik saat lebaran tiba, khususnya untuk mereka yang berada di pulau Jawa. Tak heran, saat pemesanan tiket kereta api dibuka pada H-90 lebaran, biasanya tiket akan ludes dalam hitungan jam.

Sesuai janji KAI, ada 50 kereta api tambahan dengan hampir 30 ribu kursi yang disediakan bagi para pemudik Lebaran. KA tambahan tersebut tersedia pada stasiun-stasiun besar seperti Gambir, Senen, Cirebon, Tawang, Lempuyangan, Kutoarjo, Surabaya Gubeng, hingga Malang.

Tak hanya menyediakan kereta api tambahan, pihak PT KAI juga memberikan tips agar calon penumpang bisa sampai ke kampung halaman di tengah sengitnya perburuan tiket kereta api.

Seperti apa tipsnya? Berikut 3 tips PT KAI untuk membeli tiket kereta api untuk mudik lebaran 2019:

1. Pastikan Koneksi Internet Kuat
Ini yang pertama wajib disiapkan, yakni koneksi internet yang stabil agar proses pembelian tidak terputus di tengah jalan. Pihak KAI juga menegaskan agar penumpang membeli tiket di kanal resmi KAI atau mitra yang resmi bekerja sama dengan KAI. Tujuannya jelas agar menghindari tambahan biaya yang tak wajar. Untuk bertanya, kunjungi ke Twitter resmi KAI atau akun Instagram resminya.

2. Pintar Memilih Rute
Jangan pusing jika rute tujuan sudah terlanjur habis. KAI menyebut penumpang bisa mengakalinya dengan memilih jalur lain dulu, kemudian disambung ke lokasi tujuan. Contoh, jika ingin ke Solo dari Jakarta, tetapi tiket sudah habis, maka coba beli tiket ke Bandung terlebih dahulu. Setelahnya, beli tiket dari Bandung ke Solo yang masih tersedia. Alternatif lain, KAI menyarankan bisa menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta ke Cirebon, lalu Cirebon ke Solo.
Sebagai catatan, penumpang harus melihat jadwal kedatangan dan keberangkatan dua kereta itu agar tidak tergesa-gesa ketika berganti kereta.

3. Gunakan KAI Access
Penumpang diajak memantau ketersediaan tiket secara berkala. Salah satu kemudahan yang KAI sediakan adalah aplikasi KAI Access. Aplikasi itu membeirkan kemudahan dalam berbagai layanan seperti mengganti jadwal, pembatalan, dan pembelian tanpa harga tambahan. Sebab, membeli lewat mitra akan kena biaya tambahan.

Berikut di atas ini tips berburu tiket mudik lebaran, semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Tak Perlu Listrik, Xiaomi Desain Smartphone Dengan Panel Sur...

Inovasi paling baru ini datang dari Xiaomi yang di mana mereka mematenkan sebuah desain ponsel miste...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Prediksi Pertandingan Indonesia melawan Malaysia (5/9/2019)

Prediksi Pertandingan Indonesia melawan Malaysia (5/9/2019)

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Nike Rilis Apparel Untuk Tim Skateboard di Olimpiade Tokyo 2...

Nike SB gaet Piet Parra untuk mendesain jersey tim skateboarding Amerika, Brasil, dan Prancis untuk ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…