Photo Source: Huffington Post

Rencana liburan bareng temen sudah tersusun rapi, tapi masih bingung karena belum dapet tiket murah? Tenang, kamu nggak perlu khawatir. Nggak selamanya tiket murah cuma bisa kamu dapetin pas lagi promo atau saat ada travel fair lho, guys!

Kamu tetap bisa kok dapetin tiket murah (khususnya pesawat) meskipun lagi nggak promo, asalkan kamu cermat nih cari celahnya. Khusus untuk kamu yang lagi cari tiket murah, yuk simak triknya berikut ini!

1. Perhatikan destinasi liburan kamu

Kalau mau liburan, sudah pasti kamu harus tentuin tujuannya, dong? Nah, kalau tujuannya sudah jelas, coba perhatikan tujuan liburan kamu itu termasuk rute yang ramai wisatawan atau nggak (biasanya sih maskapai budget rendah) seperti tujuan Singapore, Kuala Lumpur, Bali, Malang, Yogyakarta, dan Surabaya. Kamu harus cermat membaca harganya, karena beberapa rute tersebut memiliki harga yang cenderung fluktuatif. Segera beli tiketnya saat itu juga kalau kamu merasa harganya sudah murah. Beda dengan rute yang tidak ramai wisatawan seperti Banjarmasin, Medan, Banda Aceh, dan beberapa tempat lainnya yang harganya cenderung sama sepanjang tahun, kecuali pada high season seperti Lebaran dan liburan akhir tahun.

2. Perhatikan maskapai penerbangan yang dipilih

Setelah tau tujuan liburan, hal selanjutnya yang harus kamu cermati adalah pemilihan maskapai penerbangannya. Kalau kamu memilih Low Cost Carrier (LCC) atau maskapai dengan harga yang murah, ada baiknya untuk membeli tiketnya jauh hari, karena harganya akan jauh lebih mahal jika kamu memesan satu minggu sebelum keberangkatan, bahkan harganya bisa sama dengan maskapai full-service. Perhatikan juga karena ada beberapa maskapai yang akan mengubah harganya sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari, yaitu saat pagi, siang, dan malam. Ikuti juga berbagai info mengenai maskapai terkait melalui akun media sosial yang mereka punya untuk mengetahui promo yang ada.

3. Tentukan waktu keberangkatan

Biasanya, tiket akan mencapai harga tertingginya saat akhir pekan, long weekend, atau saat musim liburan yang sering disebut sebagai peak atau high-season. Jadi, ada baiknya untuk liburan saat low-season, seperti bulan Februari hingga April atau September hingga November. Nggak cuma itu, hari keberangkatan dan kepulangan ternyata berpengaruh pada harga, lho! Contohnya saja, pada periode Jumat – Minggu, Jumat – Senin, Sabtu – Minggu, atau Sabtu – Senin, harga tiket cenderung sangat mahal. Cobalah untuk melakukan perjalanan pada periode Selasa – Kamis, Rabu – Jumat, Sabtu – Selasa, atau Minggu – Rabu kalau ingin mendapatkan tiket dengan harga terjangkau.

4. Cermat dalam memilih tanggal keberangkatan

Kalau kamu perhatikan, tiket pesawat di tanggal muda akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan tiket pesawat di akhir bulan. Mengapa? Karena di awal bulan banyak maskapai menganggap keadaan finansial orang masih bagus (baru gajian), sehingga banyak yang melakukan perjalanan. Berbeda saat akhir bulan di mana keadaan finansial mulai menipis dan hanya sedikit orang yang melakukan perjalanan. Solusinya, kamu bisa melakukan perjalanan di tanggal 20-an untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau.

5. Beli tiket lewat online

Seperti yang sudah kamu tau, membeli tiket secara online akan jauh lebih murah lewat online. Tidak perlu bingung, karena sekarang sudah banyak sekali situs pencarian tiket dimana kamu bisa mendapatkan tiket dengan mudah, murah, bahkan dengan berbagai promo didalamnya. Nah, dari berbagai situs pencarian tiket ini kamu juga bisa tau perbandingan harga masing-masing maskapainya. Gampang, kan?

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut