Alat fitness beragam bentuknya dan beragam pula manfaatnya

Generasi milenials tidak hanya aktif dan sibuk bekerja atau pun membuat beragam karya kreatif. Namun, generasi ini juga turut “menyibukkan” tubuh berolahraga agar tetap sehat dan fit.

Umumnya seperti yang kita seringkali lihat di sekililing kita, baik di mall ataupun di kampus maupun kantor, semakin banyak saja orang-orang berolahraga dan menghabiskan waktu di tempat fitness. Mungkin Anda baru tertarik untuk fitness baru-baru ini atau bahkan ketika membaca tulisan ini.

Selain untuk berolahraga, tempat fitness atau gym juga dapat menjadi tempat hangout yang sehat, baik sendiri, bersama teman-teman, atau pasangan. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali atau baru akan berolahraga di tempat fitness atau gym, harus mengetahui manfaat alat-alat fitness lebih dulu. Ya, tentu saja agar Anda mendapatkan manfaat maksimal untuk tubuh Anda.

Seperti dilansir Hello Sehat, ada beberapa alat fitness yang umum dipakai orang-orang berolahraga dan memiliki manfaat yang sangat beragam dan tentu dapat membuat tubuh Anda lebih fit and proper.

1. Treadmill

Treadmill adalah alat fitness yang seringkali dipakai dan paling banyak membakar kalori dari berbagai alat kardiovaskular lainnya di tempat fitness. Setiap Anda berjalan cepat per 1,5 km kalori akan terbakar sekitar 100 kalori. Selain melatih pernafasan dan gerak Anda dari berjalan sampai berlari, alat ini juga dapat melatih keseimbangan Anda.

2. Mesin eliptis dan pijakan tangga

Alat ini dapat dikatakan alternatif yang baik untuk treadmill. Penggunaannya sendiri dilakukan dalam posisi berdiri. Nantinya Anda menggunakan banyak massa otot, sehingga tingkat pembakaran kalori cukup tinggi. Mesin eliptis dengan komponen lengan dapat membakar jumlah kalori lebih banyak di tubuh.

3. Rowing machine

Alat ini tidak hanya membuat tubuh bagian atas Anda lebih sehat dan terbentuk. Tapi juga bagian bawah tubuh Anda, seperti kaki. Jantung Anda juga akan lebih sehat dengan alat ini, karena Anda harus mendorong dengan kaki, sementara menarik dengan lengan. Selain itu Anda juga melibatkan inti otot perut untuk mendukung dan melindungi punggung Anda. Banyak otot terlibat, makanya kalori Anda akan banyak terbakar.

4. Smith machine

Smith machine adalah alat untuk mengangkat barbel pada trek vertikal. Alat fitness ini memiliki banyak tujuan yang sama sebagai mesin latihan beban standar, yaitu untuk membentuk otot. Semua otot dapat bekerja menggunakan alat ini, terutama pada bagian bahu, trisep, dan traps.

5. Cable machine

Pada dasarnya bila Anda menggunakan alat ini, setiap otot dalam tubuh Anda akan bergerak. Karena alat fitness ini menghubungkan gagang ke tumpukan pemberat dengan cara menarik kabel agar bergerak melalui katrol, di mana Anda perlu menggerakkan keseluruhan tubuh Anda.

BACA JUGA: 10 hal yang harus Anda tahu tentang aplikasi Nike+ Training Club

Alat fitness memiliki berbagai macam manfaat

6.  Squat rack

Alat ini dapat membantu Anda melakukan squat dengan lebih serius. Karena berfokus pada paha, pinggul dan pantat, paha depan, dan paha belakang sembil memperkuat tulang dan ligamen. Sehingga Anda dapat melakukan squat dengan lebih maksimal.

7. Lat pulldown machine

Alat fitness merupakan alat yang digunakan untuk memperkuat otot latissimus dorsi atau lats. Cara menggunakannya ialah dengan menarik gagang ke bawah, dengan menjaga siku dan punggung tetap lurus. Hindari membungkukkan badan Anda untuk mendapatkan bantuan dari dada dan otot perut. Otot yang digunakan untuk alat ini adalah punggung bawah dan punggung atas, khususnya bisep dan lats.

8. Pek deck machine

Ini merupakan alat fitness yang fokus pada pergerakan dada. Untuk benar-benar melakukan latihan ini, duduk menghadap kebelakang dengan menekuk siku 90° pada level pertengahan dada. Dorong gagang hingga berada di depan wajah Anda. Tarik napas saat membuka lengan dan keluarkan napas ketika menariknya lagi. Nantinya otot dada (pectoralis major) dan bahu (deltoids) akan terbentuk dan membuat Anda lebih bugar.

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon